Sembunyikan klakson di balik cover tangki MT25

Terus terang saya alirannya klimis / clean looks..
Jadi melihat ada klakson nongol itu bikin gatel rasanya.


Kutil dibawah radiator...😂

Untuk klakson sendiri, ini sudah ganti yang ketiga kalinya. Pertama klakson dobel disc, karena klakson single asli MT25 suaranya terlalu kecil. Tapi ternyata klakson Hella dobel disc ini walau suaranya stereo tapi menurut saya masih kecil juga, kurang keras.
Ganti deh dengan klakson keong. Dulu saat pakai Byson, cover tangkinya besar sekali, bisa sembunyikan klakson kapal di baliknya. Tapi MT25 ini ruang cover tankinya sempit sekali. 
Klakson keong ini ukurannya besar jadi terpaksa pasang di body luar MT25. Jadinya kaya kutil...hehehe
Kebetulan klakson ini rusak, meleleh plastiknya...sepertinya kena hawa panas knalpot kalau macet macetan.
Jadi saya beli penggantinya. Nah kebetulan sekali saat browsing saya melihat klakson keong yang kompak bin tifis. Merknya Mocc. Sebenarnya ini clone dari PIAA, but it's ok lah, males keluar uang 400ribu buat beli PIAA.


Ini mbahnya eh aslinya...

Setelah dengar suaranya di Youtube, saya mantapkan beli.
Awalnya saya pasang dulu di lokasi lama, karena belum ada waktu pasang.
Setelah ada waktu, baru deh pasang di balik cover tanki.

Ini sebelum dipindahkan ke dalam cover tangki.


the clone...

Untuk membuka tangki MT25 gampang kok, setelah buka jok dan cover samping, buka baut kiri dan kanan yang dilingkari merah, yang tengah gak perlu dibuka.





Lalu kita pindah ke shroud, ada baut disana, buka juga kiri dan kanan.






Setelah shroud dibuka ( hati hati ya, klipnya rentan patah ), akan terlihat baut lagi yang mengikat tangki ke body. Buka kiri dan kanan.




Lalu buka juga baut L di dekat setang.




Tangki dipegang oleh dua karet dekat tutup bensin, tarik aja pelan pelan..nanti cover tangki bisa dibuka utuh. Sekalian deh bebersih debu....




Nah, setelah ukur sana sini, posisi paling ideal adalah seperti di foto dibawah. Tidak ada posisi yang pas untuk ikat dengan baut, jadi saya pakai cable ties. Cukup mestinya, karena nanti pun akan tertahan oleh shroud samping. Perhatikan posisi lubang suara, sebaiknya ke bawah untuk mencegah air masuk. Kalau ke depan sepertinya gak cukup ruangnya. Tes suara dulu yah..





Setelah dirasa pas ( kalau perlu, pakai dobel tape dulu untuk tes posisi ), pasang kembali cover tangki. Ini penampakan sebelum pasang shroud.




Pasang kembali semua shroud dan cover. Ini penampakan setelah tersembunyi di balik cover tangki. Sangat pas sekali, bahkan agak maksa sedikit, tapi gapapa, shroud masih bisa dipasang, bahkan jadinya shroud gak longgar lagi karena ditahan oleh klakson.




Suaranya gimana?
Tetap keras kok, memang agak mendem dikit, tapi masih bikin kaget...huehehehe

Semoga berguna.













Comments