Bikin splash guard yang bisa dicopot di MT25

Udah mulai masuk Oktober dan musim hujan, buat yang copot spakbor kaya saya mesti siap siap nih...huehehe..
Beberapa waktu lalu saya pernah beli mud guard dan sudah saya pasang (http://rizawerx.blogspot.co.id/2017/05/ganti-fender-belakang-dan-spion-mt25.html). Tapi ada beberapa hal yang bikin saya gak sreg..

1. Jadi kurang seksi. Menurut saya yang keren itu adalah liat ban langsung, gak perlu dikasih penutup.
2. Desain mudguard yang saya beli kurang menyatu dengan desain keseluruhan MT25. Mungkin desain umum buat segala motor, jadi kurang enak dilihat buat saya.
3. Yang saya beli kualitasnya kurang baik. Karena cuma satu lengan jadinya goyang. Mungkin kalau desain lengannya bagus gak goyang tapi yang jelas yang saya beli gak bagus sehingga goyang.


Gak suka ah...

Emang kenapa kalau goyang?
Bisa nyangkut di roda...
Beneran... Sekarang udah ilang karena nyangkut di roda, kelempar terus pecah... Haaahaaahaaa.... #nyebeli

Ya udah gak usah pake mud / splash guard aja. Rambo style.
Iya, tapi kalau hujan itu jok belakang sampe jaket pada berlumpur...
Haaahaaahaaa.... #nyebeli

Terus gimana dong? Beli lagi yang lebih bagus dari yang kemaren? Sempat terpikir, tapi ya saya gak suka desain yang ada dan kembali ke point 1: kurang seksi.. Ngapain copot spakbor kalau mesti ditutupi lagi?
Jadiii.. Kesimpulan saya adalah splash guard yang tidak fix, yang bisa dicopot dengan mudah biar bokong MT25 tetap seksi tapi kalau diperlukan saat hujan bisa dengan mudah dipasang lagi...Releasable atau 'copotable'...

Hayo mikir....
Browsing sana sini akhirnya saya teringat dulu saat punya Byson, diberi mud guard tambahan oleh Yamaha. Saya cek dan sepertinya ini sangat cocok walau pasti harus dimodifikasi.



Maaf gambarnya nyomot di Internet


Ok, ini langkah yang saya lakukan:
1. Perkirakan dimana mau diletakkan. Di motor saya, kebetulan sekali saya pakai tail tidy yang ada lubang baut pas. Masukkan baut dan siap menjadi pegangan. Sempurna.




2. Potong spakbor Byson setelah menghitung panjang yang dibutuhkan. Bikin lubang dudukan di spakbor Byson sesuai posisi baut. 


Maaf motong gak rapih...hehehe

3. Nah, beginilah penampakan setelah pasang mud guard 'copotable' 😀





4. Terus dimana naruhnya kalo lagi gak dipake? Nah ini...setelah liat sana sini, saya menemukan posisi yang pas...di fender belakang. Kenapa saya bilang pas? Karena saya lihat ada dua dudukan yang bisa dipakai. Buka dua bautnya.

Posisi baut dilihat dari arah depan.


5. Persiapkan dudukan dari besi. Saya pakai besi dudukan klakson yang tidak terpakai. Bengkokkan supaya pas.




6. Lalu pasang di posisi dua baut sebelumnya. Pas sekali ukuran lubang dudukan dengan baut. 


Dudukan dilihat dari arah belakang

7. Sekarang bikin pegangan bagian atas. Lagi lagi saya menemukan ada lubang yang bisa dipakai. Saya bengkokkan besi plat serbaguna yang bisa dibeli di toko toko sparepart. Cat hitam dan bengkokkan sesuai kebutuhan. Lalu saya beri mur. Saya pakai double tape 3M buat menempelkan pegangan ini ke lubang. Mudah mudahan sih kuat. Kalau tidak kuat terpaksa mesti bongkar fender belakang..




8. Kebetulan saya suka main RC, jadi ada dudukan quick release pin nganggur. Kenapa pakai ini? Supaya gampang dibukanya saat hujan...


Potong secukupnya


9. Sekarang saya masukkan ke pegangan mur. Lalu pasang pegangan ini ke dalam lubang yang ada di fender.




10. Nah, tinggal masukkan spakbor Byson dan bisa dijepit pakai quick release pin.



11. Selesai deh...dengan begini bokong MT25 saya tetap terlihat seksi. Kalau hujan, tinggal pasang spakbornya supaya air gak muncrat kemana mana...


Now you see...

Now you don't...

Hasilnya? Cukup mantap sodara sodara, gak ada lagi jok belakang dan jaket yang bertaburan lumpur, walau sedikit sih ada, karena saya ganti ban lebar jadi masih ada sedikiiit sisa air yang muncrat karena tidak tercover oleh spakbor Byson ini. Kalau mau sempurna, mesti ditambah lagi lebarnya, tapi buat saya sudah cukup...
Ok, semoga menginspirasi...


Comments

  1. Mantap jiwaa bosque
    http://bikermendowan.id/2017/10/20/nikmatnya-riding-suzuki-skydrive-125-enaa-enaa-enaa/

    ReplyDelete

Post a Comment