Update Bohlam LED di MT25

Setelah pasang bohlam LED di tulisan ini, ternyata hasilnya tidak memuaskan untuk saya. Terang sih iya, tapi cahaya tidak fokus dan masalah paling utama adalah tetap bikin silau pengendara lain. 
Gak tega aja liat muka pengendara lain jadi ikutan terang 😕
Ya udah saya ganti bohlamnya.
Saya tetap ingin LED, tapi dengan sebaran cahaya seperti halogen...
Setelah browsing sana sini, ketemu inti masalahnya adalah tidak adanya cut off pada bentuk bohlam LED yang sebelumnya saya pakai.
Ini penjelasan yang bagus dari situs Philips Lumileds.


Cut off untuk Low Beam

Tapi harga Philips Lumileds ini mahal sekali, bisa sejuta sepasang padahal saya hanya butuh satu. Jadi saya coba cari cari bohlam LED yang mirip dengan Philips Lumileds di toko online.
Akhirnya dapat satu, pas jualnya satuan seharga 185ribu. Saya liat mirip dengan halogen ada cut offnya walau masih memakai LED jenis COB sepertinya. Gak apa apalah, saya sangat jarang berkendara motor malam malam jadi sepertinya bukan masalah besar. Menurut penjual, speknya adalah 36Watt, 4600Lumens dan 7500K. 
Hmm..7500K setau saya agak kebiruan dan saya inginnya 6000K, tapi penjual berkeras bahwa cahayanya putih. Okelah saya coba aja dulu..
Waktunya bongkar kembali headlamp. Untuk yang belum tau caranya bongkar headlamp, bisa dibaca kembali tulisan saya yang sebelumnya di link atas.


Perhatikan ada cut off di LED untuk lampu dekat.

Cara bongkarnya sama saja dengan bohlam LED sebelumnya, tapi ada satu masalah baru yaitu bagian fan bohlam LED yang baru mentok ke besi di reflektor MT25, karena bohlam LED baru lebih panjang ke belakang. Mau tidak mau terpaksa besi ini sedikit dibengkokkan menggunakan tang supaya bagian fan tidak mentok.


Besi yang dibengkokkan sedikit saya lingkari merah

Enaknya bohlam LED yang baru ini lebih ringkas dalam arti driver LED jadi satu dan tidak terpisah seperti bohlam LED lama ( walau jadinya lebih panjang ). Lalu colokannya pun sudah ready 3 pin seperti umumnya bohlam LED.
Ini perbandingan sebaran cahaya bohlam LED lama dan bohlam LED baru..


Bohlam LED lama, cahayanya menyebar
Bohlam LED baru, cahayanya fokus


Untuk arah cahaya bisa diatur menggunakan obeng. Cukup putar baut setelan di batok lampunya.

Untuk horizontal ada di sebelah kiri, putar kiri untuk arah cahaya ke kiri dan sebaliknya

Untuk Vertical ada di sebelah kanan atas. Putar kanan untuk naik dan kiri untuk turun.


Semoga berguna....

Comments

  1. merk LED yang baru, boleh tau om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya beli di tokopedia om..ini linknya https://www.tokopedia.com/sae-elektronik/sv066b-h4-led-headlamp-c6-lampu-utama-36w-7500k-4600lm-ultra-bright

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Om bisa upload foto posisi bolam lednya setelah d pasang ?
    Soalnya punya sy hasil sinarnya pecah,ga mw bagus fokus gtu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan saya adalah apakah om memakai bohlam dengan cut off ( ada besi kecil kaya mangkok ) seperti contoh diatas? Kalau bohlam dengan cut off sepertinya gak mungkin menyebar selama posisi pemasangan benar. Kalau masalah posisi, sebenarnya tinggal samain aja dengan bohlam halogen standar. Kalau ragu, pasang lagi bohlam halogen standar dan perhatikan posisinya. Memang yang sering jadi masalah adalah bohlam led yang menyediakan beberapa tipe ring, seperti H4 dan H6 sekaligus. Ini yang rawan terbalik kalau tidak paham dudukan bohlam H4 standar. Saran saya kalau om sudah pakai bohlam led dengan cut off, coba copot lagi dan bandingkan dengan bohlam H4 standar.

      Delete

Post a Comment