Prototipe Alarm Motor dengan BlueTooth

Saya pernah membuat alarm anti begal saat akhir tahun 2015 ( baca disini )..nah saya sedang mengembangkan prototipe lain menggunakan BlueTooth.
Untuk saat ini saya masih menggunakan Arduino Uno, BlueTooth HC05, Logic Converter dan led sebagai purwarupa.. Cieeh bahasanya... 
Idenya adalah mirip dengan alarm anti begal dengan RFID yang pernah saya buat, tapi saya mencoba dengan Bluetooth... Tapiiiiii.... Nanti saya ceritakan...  Kembali ke prototipe...kenapa rangkaian pakai Logic Converter? Karena HC 05 menggunakan voltase 3.3v sedangkan Arduino Uno adalah 5v. Walau bisa saja sih paksa jalan, tapi kawatir jebol HC05 nya. Kalau saya baca baca, katanya bisa dengan rangkaian resistor, tapi buat riset berikutnya saja deh.. 
Untuk cara kerja sebenarnya sederhana, saat kunci kontak motor nyala, Arduino juga akan nyala. Disini fungsi BlueTooth adalah sebagai 'pembuka gembok', yaitu saat Arduino nyala maka relay langsung memutus arus, rencananya kembali memanfaatkan jalur Engine Kill, lalu jika Arduino tidak mendapatkan sinyal untuk 'buka gembok', maka Arduino akan menyalakan sirine atau cukup ke klakson. 
Bisa gak untuk menyalakan motor dari jarak jauh? Teorinya bisa saja, tapi itu artinya Arduino mesti selalu menyala, jika tidak mau menggunakan aki maka mesti menggunakan batere sendiri, yang artinya lagi mesti ada rangkaian yang bisa men charge batere Arduino saat motor nyala. 
Kalau hanya menggunakan aki motor emang gak bisa? Ya bisa juga.. Secara teori Arduino sangat kecil menggunakan arus, jadi aki motor mestinya cukup, tapiiii.. Saya jarang pake motor..
Hmmmm... sepertinya jadi ribet... jadi saya memutuskan gak usah pakai fitur remote starter segala..
Ini uji prototipe :


Disitu bisa dilihat saya memasukkan angka 1 dan 0 untuk menyalakan dan mematikan LED. Saya memakai apps gratis saja BlueTooth Terminal untuk mengirim char ke arduino. Sketch nya sendiri bisa dicari di internet, banyak bertebaran kok, saya pakai Genotronex untuk keperluan riset.
Teorinya adalah saya mengirim angka 1 untuk menyalakan relay dan 0 untuk mematikan relay..atau cukup matikan motor dan otomatis Arduino akan reset dan mengunci.
Yang saya tidak suka dengan prototipe ini adalah:
1. saya harus menggunakan smartphone untuk mengaktifkan Arduino, kenapa? Ribet bro...
2. saya tidak berhasil menemukan cara auto reconnect dengan smartphone. Sepertinya bluetooth smartphone di desain untuk hanya aktif beberapa saat setelah itu mati. Artinya jika saya menggunakan metode auto search BlueTooth untuk fitur anti begal bakal susah diterapkan.
3. Karena alasan nomer dua diatas, prototipe ini hanya untuk 'pembuka gembok'...kalau dibegal gimana? matiin motor terus lari kabur sekencang kencangnya...sepertinya bakal capek ya bro.....:D
4. kalaupun mau dibuat fitur auto search BlueTooth, saya mesti memakai HC05 lain, jadi ada dua HC05...mungkin HC06 ( slave mode ) cukup sih. Dimana HC05 kedua ini berfungsi sebagai 'key'...enaknya memang bisa di set automatic dengan fungsi AT+BIND dan dia akan otomatis connect jika menemukan pasangannya...co cuiitt....Tapi bawa HC05 berikut arduino dan batere sebagai key sepertinya bakal ribet yah...Mungkin option ini bisa di explore lain kali..sementara ini skip dulu...

Lalu gimana? Akhirnya saya coba beli HM10 dan semacam iBeacon key seperti foto dibawah....



Wait....pink?
Doh....saya bukan penggemar pink, tapi lupa masukin warna saat pesan iBeacon key...huhuhu...

Nah...saya mesti riset lagi sih soal HM10 ini, tapi ide dasarnya adalah HM10 akan auto search iBeacon, dan jika tidak menemukan maka motor akan mati dan sirine teriak....
riset dulu yah....
demikian...
hiks...

zzzz...


Comments