Ganti setang Yamaha MT25

Setelah beberapa kali turing dengan MT25, akhirnya saya berkesimpulan setangnya mesti diganti...
Sebelumnya saya mengendarai Yamaha Byson dan tidak mengalami pegal seperti yang saya rasakan jika naik MT25..Untuk jarak dibawah 30 - 50km sih tidak terlalu masalah dengan setang standar MT25, tapi jika mengendarai diatas 50km, barulah rasanya bahu dan lengan terasa pegal. Beberapa pengguna MT25 setelah saya tanya tidak merasakan pegal, tapi beberapa user lain merasakan pegal, jadi sepertinya memang masih wajar buat saya merasakan pegal, mungkin postur badan berpengaruh? Entahlah..pokoke gantilah daripada sengsara...beli motor kok malah sengsara 😆
Kemudian saya riset sana sini, tanya sana sini di forum MT25 mengenai perubahan setang MT25 ini...dan akhirnya saya order dari tokopedia :
1. setang Yamaha Byson original
2. riser ( atau raiser? mana yang benar...mbuh ) merk AHRS, katanya bahan duralium anti karat...ya wislah percoyo wae..#korbanjargon
3. handgrip pengganti
4. kabel kopling Kawasaki KLX 150 original
5. Selang rem braided KTC panjang 90cm
6. Minyak rem DOT 4 sekitar 100-200ml, selang seukuran nipple caliper dan tabung suntik (yang ini beli di toko onderdil dekat rumah )


Kenapa saya akhirnya memutuskan beli setang Byson? 

1. Saya ex pengguna Byson, sudah hapal ergonominya
2. Beberapa merk setang fatbar lebarnya bisa 80 cm, terlalu lebar buat saya, lebar setang Byson sudah pas...masa gergaji setang fatbar? Cape dee..
3. Beberapa setang fatbar berdiameter 28mm, sepertinya agak susah cari handgrip yang sesuai ( sebenarnya males nyari siih 😀), setang Byson dan MT25 diameternya standar 22mm

OK saya mulai saja...

1. Dimulai dengan membuka Bar End atau populer disebut jalu setang kiri kanan dengan kunci L





2. Lalu saya buka semua baut Switch Handle hingga terbuka..





3. Juga Switch Handle sebelah kanan..




4. Handle gas akan bisa digeser keluar setelah Switch handle dilepas. Untuk Master Rem kanan ada dua baut, cukup buka baut atas bawah untuk melepasnya, sedangkan Handle Kopling hanya ada satu baut sehingga mesti digeser keluar untuk melepasnya.




5. Melepas Handle Kopling mau tidak mau harus merobek handgrip dengan cutter. Handgrip tidak bisa diloloskan karena dilem di bagian dalam...rada gak tega di awalnya tapi ya sudahlah...
UPDATE Ada beberapa masukan, katanya sih bisa pakai angin kompresor atau disemprot dulu bagian dalam dengan penetrant supaya lemnya lunak, nanti bisa diplintir pelan pelan sehingga lepas dan gak perlu dibelek..
  



6. Ini perbandingan setang Byson (atas) dan setang MT25 (bawah)




7. Setelah setang dilepas, kini saatnya pasang riser..Riser ditumpangkan ke dudukan asli, ada semacam 'kuping' sebagai grip lalu dibaut dengan baut L. Akan berasa ada semacam lendutan, karena MT25 menggunakan karet sebagai damper / peredam getaran di dudukan  / holder ke 'segitiga'
 



8. Penampakan setelah pasang setang Byson...




9. Sekarang saya membuka kabel kopling, dimulai dengan bagian bawah. Buka dudukan kabel kopling dengan cukup melonggarkan baut tahanan kabel kopling, lalu congkel sedikit pelat penahan ujung kabel kopling untuk bisa mengeluarkan kabel..




10. Setelah kabel kopling bagian bawah bisa dilepas semua, bagian di handle bisa dicopot dengan lebih mudah, cukup longgarkan lalu bisa dilepas..




11. Ini perbandingan panjang kabel kopling KLX 150 dan MT25. Kabel kopling KLX 150 sekitar 1m panjangnya..




12. Kemudian saya membuka selang rem, karena selang rem asli gak cukup panjang dengan setang Byson tambah riser. Saya sudah coba tarik dikit dikit, tapi masih tidak cukup. Membuka selang rem harus membuang minyak rem sampai kosong lebih dulu. Dimulai dengan memasukkan selang ke nipple pembuangan di kaliper, lalu longgarkan nipple dengan kunci 8 dan tekan saja handle rem berulang kali sampai minyaknya keluar semua. Jangan lupa ditampung minyak yang keluar supaya gak keleleran di lantai. Setelah dirasa habis, selang bisa dibuka pakai kunci 12..




13. Selang rem di clamp di bagian bawah lampu pakai baut 10, agak repot bukanya karena nyempil tersembunyi..apalagi saya nambahin bracket plat nomor polisi, masa mesti buka bracket dulu? Weleh, ya wis akrobat dululah tangannya...Setelah itu buka baut yang di Master Rem...




14. Ok, selang rem sudah dicabut semua, jangan lupa agar minyak rem sisa yang mungkin menetes ke bagian yang dicat agar segera di lap dengan lap basah, karena minyak rem bisa merusak cat. Sekarang misi berikutnya adalah membuka kabel gas. Disini problemnya adalah kabel gas terlalu pendek. Saya belum menemukan substitusinya, mungkin pakai punya Xabre? Gak tau juga...jadi saya mesti membuat rute kabel gas baru. MT25 menggunakan dua kabel gas, tarik dan dorong. Untuk membukanya, longgarkan dulu pengencang kabel gas...Ada baut disitu, longgarin sajah, sehingga akan ada gap di kabel gas. Saya pakai tang hidung panjang untuk 'mencubit' kabel gas agar bisa dikeluarkan. Oya, handle rem sebaiknya dibuka saja untuk memudahkan kerja, gampang tinggal buka bautnya..




15. Selesai? Belum....Kabel gas itu nyempil didalam antara segitiga dan batok lampu. Untuk memudahkan pengambilan kabel gas, saya mesti membuka Panel Meter...wuih ajib banget deh pokoknya..Untuk buka kupingan lampu depan sebelah kanan, ada dua baut L disamping dan dibawah lampu. Kupingan ini lalu ditahan dengan clamp besi, tarik aja. Setelah itu buka visor depan, ada dua baut L ( tempat asli pelat nomor ). Panel meter diikat dengan 3 baut L dibalik visor ini, buka semua bautnya. Lalu terakhir ada dua baut L di dekat segitiga dekat lubang kunci, buka juga...ini semacam pelindung saja. Nanti Panel meter bisa diangkat...maaf saya lupa foto proses buka Panel Meter ini...Saya yakin bisalah pada buka sendiri, udah pada gede kan...hahaha 😂






16. Nah sekarang tangan saya akrobat lagi untuk mengeluarkan kabel gas dari jalur lama. Setelah keluar dari jalur lama, saya ambil jalur tengah rangka. Ada bolong disitu, ya sudah saya manfaatkan...Terus terang agak kurang indah sih melihat kabel gas lewat situ, tapi sampai saya menemukan pengganti kabel yang lebih panjang dan plug and play, terpaksa saya pasrah dulu...





17. Ok, semua sudah siap, tinggal pasang dan kembalikan semua pada posisi semula. Untuk kabel kopling, pemakaian kabel kopling KLX 150 benar2 plug and play, dapat bonus karet boot lagi...
Nah untuk pemasangan selang rem baru ada sisa agak berlebih. Panjang selang rem asli MT25 sekitar 84cm, sedang selang aftermarket braided yang dijual biasanya berukuran 75cm lalu 90cm lalu 92cm. Jadi agak meliuk disco gitu selang rem yang baru...Bagian yang disco ini dibawah lampu. Oya usahakan kalau ganti selang rem braided begini, cari yang adjustable ujungnya, jadi puntiran selang bisa sedikit diatur. 
Untuk pengisian minyak rem, karena ini penggantian selang, jadinya agak sedikit repot karena minyak kosong sama sekali. Caranya adalah dengan pengisian dibalik dari nipple menggunakan jarum suntik. Beli tabung suntik yang agak besar, 100ml supaya gak repot isi ulang. Saya pake yang kecil, karena kebetulan ada stok buat bikin puding hias istri saya, jadinya agak repot sih karena mesti isi dua kali. Yang terlarang dari pengisian minyak rem adalah masuknya udara ke selang, jadi usahakan jangan sampai ada udara di tabung suntik.
Setelah semua siap, pasang selang di nipple caliper, longgarkan nipple lalu dorong minyak rem di tabung suntik sambil tekan tekan handle rem. Perhatikan nanti akan muncul minyak di tabung reservoir Master rem. Terus tekan tabung suntik sampai gelembung udara hilang di reservoir. Setelah dirasa gelembung udara hilang, kencangkan nipple caliper dan masukkan sisa minyak rem di tabung suntik (bila ada ) ke reservoir. Sekarang kita proses buang udara palsu seperti biasa, tekan tekan handle rem sampai keras, tahan lalu kendurkan nipple caliper, ulangi beberapa kali sampai yakin tidak ada udara lagi di selang..jangan lupa cek reservoir jangan sampai kosong, berabe kalau kemasukan udara lagi...





18. Setelah selesai, cek rem tidak ada yang bocor, kencangkan semua baut dan jangan lupa pasang handgrip di setang........... selesai sudah proses pemasangan. Sekarang posisinya jauh lebih nyaman buat saya 😃


Beberapa catatan, 
1. Sepertinya bisa saja tetap menggunakan setang MT25 dan cukup menambahkan riser, tapi saya tidak tahu akan mentok atau tidak ke body saat belok patah. Jika option ini diambil, kabel kopling tetap mesti ganti. Kabel gas rasanya mesti pakai jalur baru.  Untuk selang rem mungkin jika ditarik tarik maksimal bisa pakai yang lama.
2. Sedangkan jika hanya mengganti setang pakai Byson tanpa riser, sepertinya semua kabel dan selang tetap bisa pakai aslinya, kecuali handgrip pasti ganti.
3. Karena dudukan asli MT25 pakai karet damper untuk meredam getaran, dengan penggantian setang dan penambahan riser jadi berasa ada lendutan terutama terasa saat belok patah parkir. Saya dapat info ini dari user MT25 di forum MT....Saya sendiri belum tes jarak jauh jadi belum bisa komentar apakah ini benar benar mengganggu. Jika mengganggu, sepertinya saya mesti ganti dudukan handlebar...kalau saya liat liat parts mungkin punya Kawasaki KLX atau ER6n bisa cocok...


Demikian, semoga membantu kalau ada yang juga ingin ganti sendiri setang MT25nya.
Tidak lupa saya ucapkan terima kasih untuk para user MT25 di forum MT25 facebook yang banyak memberikan masukan ke saya...you guys rock! 👍

Comments

  1. Lho, kok dirobek pake cutter mas handgripnya? Padahal selipin pake angin bertekanan aka kompresor juga bisa mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. o bisa ya? ya wis ndakpapa..ndak punya kompresor mas :D

      Delete
  2. trims infonya mas, saya juaga ada niat buat ganti stang + raiser biar ngak pegel lagi... tapi ternyata ribet juga yak... hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. keliatannya aja kok ribet mas...benernya sih......emang ribet :D semangat mas...

      Delete
  3. Om infonya sip buanget.. Mau tanya kalo stang raiser saya ganti pake type mundur apa ada kemungkinan mentok di body pada saat belok tajam/parkir? Mohon pencerahannya. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kurang tau pasti mas...masalahnya mundurnya berapa jauh? dengan setang byson, memang lebih mundur tapi karena lebih lebar jadi masih ada sisa jarak 3 cm dengan body...
      mungkin kalau raisernya cuma mundur 1-2 cm masih aman...mungkin lho ya...hehehe...makasih udah mampir...

      Delete
  4. Kalo tali gasnya d ganti kira kira pake punya apa ya om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya curiga bisa pakai punya klx 150 juga.. Halah kok curiga.. Hehehe.... Saya belum coba sih om, belum sempat kutak katik lagi, tapi kabel gas klx150 itu sama model push and pull, dan mengingat kabel koplingnya pas banget di mt25, maka saya sangat curiga akan pas di mt25... Curiga lagi... Hehehe

      Delete
  5. cara pindaj jalur kabel gas gmn ya itu gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi di rangka motor itu ada semacam lubang celah om..nah saya masukan ke lubang celah itu..untuk pindahin kabel sendiri yang sekarang emang agak repot, tapi sepertinya bisa langsung buka headlamp, saya baru ngeh saat recall kedua, dimana mekanik bisa buka semua batok lampu..sepertinya akan lebih enak seperti itu dibanding cara yang saya pakai sekarang...saya sendiri belum paham buka baut mana aja, nanti kalau ada waktu saya coba bongkar deh..

      Delete
  6. kalo hanya ganti stang byson posisi lebih nyamankah mas?saya ada rencana begitu, seperti poin 2 mas diatas. ada reviewnya mas?

    karena saya kurang suka pakai raiser

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau cuma ganti setang byson saya belum coba mas. Setang byson sendiri lebih lebar dan mundur sih, jadinya tergantung bagaimana postur badan mas juga kalau soal nyaman atau tidak. Yang jelas kalau bentuk postur tubuh saya masih merasa kurang karena badan saya gak tinggi cuma 167 mas :)

      Delete
  7. kalo untuk tinggi badan sama bverat 53 ngakali biar agak empuk tp g melayang di tikungan gmn mas...?? udah eksperimen belum...??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sesuai jawaban dari rekan di FB aja ya mas..rendahin sedikit fork dan naikin 1 stop per belakang :)

      Delete

Post a Comment